Subscribe:

Minggu, 07 April 2013

Obat Tradisional Untuk Demam Berdarah




Penyakit demam berdarah dengue (DBD) sering menyebar saat musim penghujan dimana sering terjadi kondisi lembab dan banyak terdapat genangan air yang menjadi tempat tumbuh kembangnya bibit bintik-bintik nyamuk.

Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue, yang merupakan virus dari famili Flaviviridae, Virus dengue dapat masuk ke tubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu nyamuk dari genus Aedes seperti Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus.

Menurut para ahli pengobatan tradisional, buah jambu biji merah berkhasiat sebagai obat alami demam berdarah. Buah anggotafamili Myrtaceae ini dikenal sebagai obat alami pendongkrak trombosit bagi penderita demam berdarah yang lazimnya anjlok, hanya 40.000/ul; ambang batas, 10.000/ul--450.000/ul. Virus DBD akan menginfeksi sel darah putih dan kelenjar getah bening sehingga trombosit penderita demam turun drastis.

Buah Jambu Biji Merah, warna kulitnya hijau muda dan dalamnya putih, namun makin tua warna buah bagian dalam makin merah dan warna kulit luarnya hijau kekuningan. Saat masih muda, rasa buahnya asam, namun jika matang akan berasa manis dan mengandung air. Oleh karena itu, pilihlah buah Jambu Biji Merah yang sudah matang, yang ditandai dengan warna kulitnya yang dominan kuning.

Tetapi dalam sebuah penelitian terbukti bahwa sebenarnya daun jambu biji/klutuk lebih ampuh jika dibandingkan manfaat buah jambu biji merah. Hasil riset Prof.Dr.Soegeng Soegijanto SpA(K), DTM & H dan Harjono Achmad -keduanya dari fakultas kedokteran Universitas Airlangga sudah membuktikan bahwa obat alami anti-DBD itu justru daun jambu biji.

Menurut Prof.Dr.Sumali Wiryowidagdo, quercentin diduga dapat menghambat enzim pembentuk RNA virus dengue. "RNA berperan dalam sintesis protein. Jika pembentukan RNA virus terganggu, virus dapat mati sehingga jumlah trombosit meningkat", ujar kepala Pusat Studi Bahan Alam (PS-OBA) Jurusan Farmasi F-MIPA Universitas Indonesia itu.

Namun, dalam kondisi darurat disarankan merebus 5 lembar daun dalam 3 gelas air hingga tersisa segelas. "Air rebusan diminum sehari sekali selama 3-4 hari", kata Suprapto, anggota Komite Nasional Penilai Obat Tradisional dan Suplemen Makanan BPOM itu. Hasilnya sama, trombosit cepat meningkat.

1 komentar:

  1. artikel yang sangat bermanfaat, memang obat tradisional sangat ampuh dan bebas resiko kimia.Jual Jam Slapia

    BalasHapus